Posted by: marchdul | March 31, 2011

Global Warming


Global Warming diartikan sebagai pemanasan global. Penyebab utama pemanasan global yaitu dari manusia sendiri. Manusia merusak lingkungan sampai membabi-buta, dan mengakibatkan bumi semakin panas.

Contoh tindakan manusia yang menaikkan suhu bumi/ global warming:

-Pembuangan kendaraan bermotor, yaitu gas karbonmonoksida yang menyebabkan lapisan ozon rusak. Sehingga, sinar  ultraviolet dari matahari langsung masuk ke bumi.

-Pemakaian barang yang mengandung Chloro Fluoride Carbon (CFC) yang dapat menyebabkan lapisan ozon rusak. Sehingga, akibatnya sama seperti karbonmonoksida. Contoh barang yang mengandung CFC: Air Conditioner.

Akibat dari Global Warming sudah kita rasakan sekarang. Es di kutub utara dan kutub selatan mencair karena pemanasan global. Hal ini dapat mengakibatkan permukaan air laut yang naik, sehingga pulau-pulau kecil terendam, bahkan tenggelam. Jika hal ini terus berlanjut, maka pulau-pulau besar pun akan terendam. Yang pasti sangat dirugikan adalah orang-orang yang tinggal di pesisir/pantai.

Akibat kedua dari global warming ialah sinar ultraviolet dari matahari dapat membakar kulit kita. Kulit kita tidak hanya gosong/hitam karena sinar ultraviolet tersebut, tapi sangat memicu penyakit kanker kulit dan katarak (penyakit mata).  Selain itu juga berdampak pada tumbuhan.Tumbuhan di bumi akan sangat sulit tumbuh jika terkena sinar ultraviolet terus menerus, sehingga disebut ‘tanaman kerdil’ dan panen di sektor pertanian pun sangat mungkin gagal. Sehingga bumi bisa dilanda kelaparan yang luar biasa.

Tetapi, kita tidak bisa langsung putus asa setelah global warming merajalela. Kita juga harus berusaha mengatasi global warming. Mungkin kita memang tidak bisa mempertebal lapisan ozon, tetapi kita bisa menghentikan kerusakan lapisan ozon. Berikut cara-cara untuk membatasi global warming:

1. Kita harus hemat dalam pemakaian AC. Semakin AC dipakai, gas CFC semakin banyak yang terbuang dan merusak lapisan ozon. Matikanlah AC anda bila tidak dipakai. Akan sangat baik bila anda memakai kipas angin. Tetapi, penghematan AC saja sudah sangat berperan dalam usaha menghentikan global warming di bumi ini.

2. Kita juga harus hemat dalam pemakaian kendaraan bermotor. Kalau kita hanya ingin pergi ke tempat yang dekat, kenapa tidak jalan kaki saja? Selain melatih diri untuk beraktivitas, kita juga dapat membatasi global warming yang semakin merajalela.

3. Kita juga dapat menanam seribu pohon yang telah ditebang untuk bahan-bahan perumahan dan kertas. Pohon dapat menyerap udara panas dan karbonmonoksida. Semakin banyak pohon, oksigen pun semakin banyak.  Inilah alasan mengapa di bawah pohon selalu sejuk dan segar.

4. Kita juga harus mendaur ulang kertas-kertas dan tisu agar bisa dipakai lagi. Kalau kita membuang-buang kertas dan tisu, sama saja kita telah membuang-buang pohon. Supaya pohon-pohon di dunia tetap utuh, sebaiknya kertas-kertas dan tisutak terpakai di daur ulang agar tidak memerlukan penebangan pohon terlalu banyak.

5. Langkah ini menurut saya agak sulit, tetapi kita tidak akan pernah tahu bila dicoba. Kita bisa usul ke pemerintah agar mencetuskan ‘hari tanpa kendaraan bermotor sebanyak mungkin. Dengan memakai sepeda, kita berolahraga dan menyelamatkan bumi kita.

Langkah yang terpenting adalah.. Kita juga harus berdoa, memohon kepada Yang Kuasa, agar menunjukkan jalan terbaik bagi kita semua. Tetapi, kita juga harus berusaha semaksimal mungkin dalam mengupayakan penghentian global warming ini.

Jika kita menghentikan global warming dan memelihara lingkungan agar selalu terjaga dengan baik, maka bumi pun akan berbalas budi. Kita akan merasa damai, aman, dan tentram bila bumi kita selalu terjaga dengan baik bukan?

Dalam zaman globalisasi ini, tentunya kita juga harus yakin bahwa kita bisa, meskipun dihimpit oleh banyak mesin-mesin canggih baru yang membuat kita tinggal di rumah saja, memakai AC dengan kekuatan angin maksimal, serta menonton TV sampai beberapa jam, dan ketiduran seharian dengan listrik-listrik masih menyala.

Mungkin kita capek jika kita harus berusaha semaksimal mungkin, tetapi kita harus yakin.. Bahwa KITA PASTI BISA!!!!

SELAMAT BERJUANG DALAM MENYELAMATKAN BUMI AGAR GLOBAL WARMING BERHENTI SECEPAT MUNGKIN!

Sumber: buatan sendiri


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: