Posted by: marchdul | February 25, 2011

Makanan Untuk Menjaga Kesehatan


Anda sering bingung saat memikirkan mau makan apa nanti?

Sebenarnya, anda tak perlu berbingung-bingung memikirkan hal itu. Yang utama dan terpenting adalah.. Yang kaya akan gizi!! Sayangnya, banyak orang yang memilih untuk makan makanan yang tak bergizi.. Karena faktor lezat dan nikmat, orang bisa terpikat dan rela untuk memakan makanan yang benar-benar mereka inginkan. Walaupun makanan yang biasa disantap itu buruk, tetap saja direlakan, demi memakan makanan itu.

Kolestrol, Minyak berlebih, Lemak berlebih… Semua itu sudah tak asing di telinga kita. Yang masih dipertanyakan adalah.. Apakah kita masih memakan zat-zat berbahaya bagi tubuh kita? Memang, kadang kita merasa jenuh jika hanya memakan makanan sehat.. Tetapi, sebenarnya, langkah yang kita ambil itu sudah positif..

Sekali-kali snack, makanan minyak, fast food dan makanan lainnya yang tak termasuk dalam daftar 4 sehat 5 sempurna memang tak apa dimakan. Tetapi, sekarang kita sudah ketagihan. Akibatnya, kita mudah sakit. Penyakit yang berasal dari makanan yang tidak baik untuk kesehatan sangat banyak. Diare, Muntaber, Batuk, bahkan sampai ke puncak segala penyakit, yaitu kanker…

Bagaimana cara memilih makanan yang bermutu dan bergizi? Simak tips berikut ini:

1.Pilih

Pilihlah makanan secara teliti, dan perhatikan juga terbuat dari apakah makanan yang hendak anda santap. Bila dampaknya buruh, kalau bisa gantikan dengan nasi dan lauk yang bergizi. Sangat baik apabila anda juga menambahkan buah dan sayur, sekaligus susu segar, karena tubuh anda pasti akan sangat sehat.

2.Hindari

Jajanan di tepi jalan memang menggiurkan. Gorengan memang gurih dan enak. Tetapi, apakah anda memang tahu betul jajanan di pinggir jalan sudah memenuhi syarat makanan bergizi? Kalau memang anda terlalu curiga, lebih baik hindari secara langsung. Jangan terus melihatnya, karena biasanya anda langsung tergiur untuk memakan/membelinya bila anda melihatnya terus menerus. Hindari makanan yang terlihat mencurigakan bagi anda.

3.Ceklah

Mengecek juga sangat penting. Jika anda melihat komposisi pada snack maupun jenis makanan lain, kebanyakan mengandung zat-zat aditif buatan (tak alami), seperti penyedap rasa MSG, pewarna sunset yellow, Pengawet natrium benzoat, perisa ayam, dan sebagainya. Oleh karena itu, untuk makanan berkomposisi, ceklah apa saja yang terkandung dalam makanan itu. Cek juga informasi nilai gizi makanan itu.

*Catatan: biasanya komposisi ditemukan di makanan kemasan, bukan makanan fast food, atau lainnya

4.Relakanlah

Uhhhhh, menyebalkan! Sayur lagi, Buah lagi, Ini lagi, Ituuu saja terus… Jangan salah sangka dulu..!! Kebanyakan makanan yang rasanya aneh itu bukan berarti basi atau salah masak, tetapi pada umumnya seperti buah, terutama sayur (yang banyak tak disukai orang-oranf) ditolak oleh banyak orang. Tetapi, bila anda memang ingin menjaga kesehatan, anda harus merelakan semuanya..Jika di depan mata anda ada daging, dan disebelahnya sup sayur dan salad, relakanlah daging itu.. Kita bisa mengetahui, kebanyakan oemasakan terlalu banyak minyak, dan kolestrol juga kebanyakan terdapat pada daging hewan.. Maka dari itu, relakanlah makanan tak bergizi kesukaan anda untuk diganti dengan sayur,buah,dan makanan bergizi lainnya

Sekian catatan makanan sehat dari saya.. Saya harap, anda mau mengubah makanan favorit anda (kalau tak bergizi) menjadi makanan yang bergizi. Tips terakhir: konsumsi makanan bergizi setiap hari secara rutin, maka tubuh anda akan selalu sehat!

Sumber: Tak dari manapun (pembuatnya Marcellino Erlangga, MURNI dan ASLI)


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Categories

%d bloggers like this: